Visualisasikan Tujuanmu

Pulau Catalina berjarak sekitar 33 kilometer dari pantai California. Sudah ada banyak orang mengambil tantangan untuk berenang menyeberanginya. Pada 4 Juli 1952, Florence Chadwick menceburkan dirinya ke dalam air meninggalkan Pulau Catalina untuk berenang menyeberang ke pantai California. Dia memulainya dengan sangat baik dan sesuai dengan rencana, tapi setelah berjuang selama 15 jam rasa lelah mulai menyerangnya. Dia berusaha untuk tetap bertahan, tapi karena merasa kedinginan, akhirnya dia meminta untuk ditarik keluar dari air.

Setelah kondisi tubuhnya pulih, dia diberi tahu bahwa sebelum ditarik keluar dari air, jaraknya dengan pesisir pantai hanya sekitar kurang dari satu kilometer! Kemudian dia berkomentar bahwa dia bisa saja berhasil menyelesaikan tantangan itu jika kabut tidak menghalangi pandangannya sehingga dia bisa melihat daratan.

Meski gagal di usahanya yang pertama, Florence berjanji bahwa hanya kali itu saja dia akan menyerah. Lalu, dia memulai kembali latihannya yang keras. Dua bulan kemudian, dia melakukan trek renang di terusan yang sama. Dan hal yang sama pun kembali terjadi.

Kelelahan mulai menyerang seluruh tubuhnya dan kabut yang tebal mengaburkan pandangan matanya, tapi kali ini dia tetap berenang dengan penuh keyakinan dan berpegang pada visi tentang daratan yang ada di benaknya. Dia yakin betul bahwa di suatu tempat di balik kabut itu terletak daratan yang hendak ditujunya.

Image

Dengan sikap seperti itu, Florence akhirnya berhasil dan menjadi perempuan pertama yang berenang menyeberangi Terusan Catalina.

Saat kita menentukan tujuan akhir kita, tetap arahkan pandangan kita pada tujuan kita meskipun kita merasakan “lelah”, baik secara fisik maupun mental. Dan walaupun ada banyak tantangan yang menghadang di depan kita, jagalah agar visi akan tujuan kita tetap terlihat jelas. Jangan pernah menyerah dan berhenti melangkah!

Berkomitmenlah untuk menyelesaikannya sampai tuntas, maka kita akan dengan yakin tujuan kita akan terwujud di kemudian hari.

Leave a Comment