Pemimpin Harus Punya Visi

Salah satu program unggulan Dale Carnegie Training adalah Fundamental Leadership Program, sebuah program yang fokus mengembangkan keterampilan kepemimpinan para pesertanya. Program ini dibawakan dalam 12 sesi berdurasi total tiga bulan. Yang menarik di program ini adalah di sesi awal (sesi satu), para peserta dilatih untuk menentukan visi yang ingin dicapai selama tiga bulan pelatihan. Saking pentingnya, visi ini sengaja dibawakan sebagai sesi pertama dari keseluruhan program. Selama pelatihan pun para peserta akan terus dipandu untuk mewujudkan visi masing-masing.

Pusta Hery Kurnia - Pemimpin Harus Punya Visi

Seberapa penting sebenarnya seorang pemimpin harus memiliki visi?

Secara singkat, visi bisa didefinisikan sebagai sasaran yang ingin dicapai atau situasi yang ingin diwujudkan. Minimal ada tiga alasan mengapa seorang pemimpin harus memiliki visi yang jelas.

1. Visi membantu pemimpin punya arah yang jelas
Katakanlah Anda sebagai pemimpin, ditanya, “akan jadi seperti apakah tim/perusahaan Anda satu tahun dari sekarang?” Jika Anda berdiam sejenak, membayangkan, tetapi tidak bisa melihat (menemukan jawaban) seperti apa tim Anda satu tahun ke depan, berarti Anda belum memiliki visi yang jelas. Tetapi jika Anda bisa dengan gamblang mengatakan, satu tahun sekarang tim saya akan memiliki ini dan ini, jumlah orang akan bertambah sekian, divisi akan berkembang, pangsa pasar kami akan menjadi sekian, para pelanggan akan semakin mencari kami, kami akan memperluas pasar kami ke area ini, dan seterusnya.. itu artinya Anda sudah punya visi ke depan. Dan kalau sudah sampai sejelas ini, tentunya kalau ditanya lagi “apa yang akan Anda lakukan selama satu tahun ini?”, Anda sudah punya jawaban yang spesifik. Jawaban berisi langkah-langkah yang mengarah pada pencapaian visi Anda tadi. Anda jadi jelas selama satu tahun Anda akan melakukan apa saja.

2. Visi membantu pemimpin menarik pengikut
Ibaratnya ada dua orang akan membangun rumah. Orang pertama tidak punya blueprint rumah yang jelas, tetapi langsung mengumpulkan para tukang untuk segera bekerja. Ketika ditanya mau bangun rumah seperti apa, jawabannya “yang penting kita langsung mulai dulu saja, nanti dipikirkan sambil jalan”. Orang kedua memiliki blueprint rumah yang sangat detail. Nanti bentuk rumahnya seperti apa, luas rumah berapa, ukuran kamar berapa, lokasi ruang tamu dimana, dan sebagainya. Berbekal blueprint tersebut, ia mengumpulkan para tukang dan meminta mereka bekerja berdasarkan blueprint tersebut. Menurut Anda, para tukang akan lebih mudah percaya dan mengikuti orang yang mana, pertama atau kedua? Tentunya yang kedua. Rancangan yang jelas, visi yang jelas, membuat orang percaya. Bukan hanya kepada visinya, tetapi kepada pemimpin yang menciptakan visi tersebut. Pemimpin akan lebih mudah membuat orang mengikuti dan mendukung dia kalau ia sudah bisa mendapatkan kepercayaan melalui visinya.

3. Visi membantu pemimpin efektif menggunakan sumber daya
Waktu saya kuliah, suatu ketika saya merasa suntuk. Akhirnya saya memutuskan jalan-jalan keluar. Saya tidak tau mau ke mana. Saya hanya mengambil motor saya dan segera mengendarainya. Karena tidak jelas mau ke mana, alhasil saya menghabiskan waktu tiga jam berputar-putar di jalanan kota Bandung. Parahnya, sudah bensin motor saya habis, badan saya lelah, tetapi suntuk masih belum hilang. Seandainya saya sudah tahu mau kemana dan benar-benar ke sana, tentunya ini tidak akan terjadi. Sebagai pemimpin, terkadang kita mengalami hal-hal seperti ini juga. Hanya bekerja menjalankan aktivitas rutin harian, tanpa memiliki arah jelas yang akan dituju. Hasilnya, hari berganti hari, tahun berlalu, tetapi kita masih belum mengalami peningkatan yang signifikan, karena memang tidak memiliki sasaran yang jelas dari awal. Tenaga, waktu, usaha kita habis terpakai untuk sesuatu yang tidak mendukung pencapaian visi kita. Kalau visi kita sudah jelas, kita bisa mengarahkan segala usaha kita ke sana. Kita bisa mengatur sedemikian rupa sehingga tenaga, waktu, perhatian kita tidak terbuang, tetapi digunakan secara efektif mewujudkan cita-cita kita.

Sebagai pemimpin, Anda pun pasti ingin berhasil, termasuk dalam membawa tim dan perusahaan Anda mencapai level yang lebih tinggi dari waktu ke waktu. Untuk itu, milikilah visi yang jelas.

Oleh: Pusta Hery Kurnia

1 thought on “Pemimpin Harus Punya Visi”

Leave a Comment