Meskipun Hanya Berkaki Satu, Tapi Bisa Jadi Pop Star!

Tumbuh dengan kekurangan bukan berarti selalu jadi penghalang. Dengan latihan keras dan keyakinan kuat, kekurangan Viktoria Modesta kini malah jadi inspirasi bagi jutaan orang.

Video klip Prototype produksi Channel 4 merupakan  salah satu video klip paling menarik perhatian di Youtube. Sejak diunggah pada 12 Desember 2014 lalu, popularitasnya terus menanjak dan sudah dilihat lebih dari 5 juta orang. Apa yang membuat video klip ini begitu spesial? Ternyata sosok sang penyanyi, Viktoria Modesta. Ia adalah seorang DJ dan pop star yang punya kekurangan, yaitu hanya memiliki satu kaki.

Viktoria, Pop Star Berkaki Satu_2015-02-04 14-03-15_Viktoria_Sang_Pop_Star_Berkaki_Satu

Viktoria lahir pada 1987 di Latvia dan mendapatkan kecelakaan setelah lahir. Hal itu membuat pertumbuhan kaki kirinya terhambat dan lebih pendek dari kaki kanannya. Pada usia 12 tahun keluarganya pindah ke London dan Viktoria harus menghabiskan banyak waktunya untuk tinggal di rumah sakit, demi perawatan kakinya.

Setelah tinggal di London, Viktoria banyak bergabung dengan komunitas musik, khususnya musik underground. Musik, modeling, dan seni mulai menjadi salah satu bagian pelampiasan atas kondisi yang dialaminya. Ketiga hal tersebut selalu menjadi “pelarian” yang membuatnya seperti menemukan dunia baru yang menenteramkannya. Karena itulah, Viktoria terus berusaha mengasah ketiga hal tersebut sebagai bagian tak terpisahkan dari hidupnya.

Di usia 20, Viktoria dihadapkan pada pilihan yang sulit. Pertumbuhan kaki kirinya mengalami gangguan dan membahayakan kesehatannya.Segala usaha keluarga dan dokter seperti sia-sia. Maka, akhirnya Viktoria memutuskan untuk mengamputasi kaki kirinya.

Meski begitu, ia tidak lantas putus asa. Justru dia bisa meyakinkan kepada dirinya sendiri dan orang-orang terdekatnya bahwa dirinya akan tetap bisa beraktivitas normal. Bahkan, ia sudah mencanangkan tekad, bisa meraih impian dengan kondisi satu kaki diamputasi.

Pada tahun 2012 di acara penutupan Paralympics Games di London, Viktoria mendapatkan kesempatan tampil sebagai “Snow Queen” dan menari dengan diiringi lagu berjudul 42 dari Coldplay. Di acara penutupan Olimpiade bagi para kaum difabel tersebut, penampilan Viktoria sangat memukau. Gerakan tari dan hiburan yang dipertontonkan Viktoria menarik perhatian jutaan pemirsa. Dari acara inilah nama Viktoria mulai menanjak.

Seiring dengan ketenaran dan komitmen untuk memperbaiki penampilan, Viktoria terus menuai hasil manis. Kekurangannya malah jadi nilai tambah yang membuat ciri khas setiap penampilannya. Dia mulai berkeliling dunia ke beberapa negara, seperti Brazil, Italia, dan Rusia. Keistimewaan Viktoria juga menarik perhatian beberapa seniman legendaris seperti Ellen von Unwerth, Bettina, Rheims, dan Vivienne Westwoods yang kemudian mengajak Viktoria kerja sama.

Dalam setiap penampilannya, Viktoria selalu tampil percaya diri. Dia tak pernah merasa malu dengan kondisi kakinya yang hanya sebelah. Video klip Prototype bahkan dibuka dengan kalimat “Forget what you know about disability,” atau lupakan apa yang kamu ketahui tentang disabilitas. Itu merupakan sebuah pernyataan yang menegaskan, bahwa kaum difabel sekarang ini kondisinya sudah berbeda. Mereka juga bisa mandiri dan bahkan bisa bersaing dengan orang yang normal untuk meraih prestasi.

Channel 4 menjulukinya sebagai “Pop Star pertama dengan kaki diamputasi”. Keterbatasan fisik tak menjadi penghalang bagi Viktoria untuk maju dan kesuksesannya sepertinya akan terus berlanjut di masa mendatang. Inilah bukti, mereka yang mau berjuang dan tak peduli dengan segala halangan, akan mendapatkan hasil terbaik dalam hidupnya.

Luar Biasa!

Source: www.andriewongso.com

Leave a Comment