Kisah 5 Wanita Tersukses di Dunia

Wanita diciptakan dengan kodratnya sebagai seorang Ibu dan Istri yang baik. Pepatah mengatakan, ada wanita hebat di balik seorang pria sukses. Bagaimana jika wanita hebat tersebut menjadi sukses di depan layar? Inilah kisah 5 wanita paling sukses dan dikenal di dunia.

1. Ariana Huffington


Menjadi salah satu pengusaha tersukses di Amerika Serikat bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi untuk seorang wanita. Ariana membuktikan bahwa hal tersebut bukan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan oleh seorang wanita. Di balik kesuksesannya, Ariana bukan tidak pernah mengalami kegagalan seperti yang pernah dialami pengusaha lainnya. Setelah buku pertama yang diterbitkannya sukses, buku keduanya justru mengalami penolakan dari total 36 penerbit. Kegagalannya yang membuatnya memutuskan untuk mendirikan sebuah situs atau blog berita yang dinamakan HuffingtonPost.com dan dikenal sebagai blog dengan pendapatan tertinggi di AS. Kini, Ariana menjabat sebagai Chief Editor Huffington Post Media Group  setelah blog pribadinya dibeli oleh AOL, Inc. seharga Rp 3,5 triliun.

2. Oprah Winfrey


Siapa yang tidak kenal dengan tokoh ini? Pekerjaannya sebagai public figure justru dijadikan batu loncatan untuk pengabdian hidupnya, yaitu beramal. Sebelum namanya berkibar di dunia hiburan, wanita yang berjaya dari acara talkshow The Oprah Winfrey Show ini mengalami masa yang buruk dam kelam di masa mudanya. Beberapa kali dipecat dari pekerjaannya, hingga sexual abuse yang dialaminya tidak membuatnya menyerah dalam hidup. Oprah berhasil meraih kesuksesan sebagai artis, owner suatu perusahaan media, produser dan dinobatkan menjadi salah satu wanita paling berpengaruh di dunia versi Majalah Forbes. Kini wanita Amerika keturunan Afrika ini mengamalkan sebagian kekayaannya untuk pendidikan dan kemajuan anak–anak terbelakang di Afrika.

3. Melinda Gates


Istri dari founder perusahaan Microsoft juga merupakan kunci di balik kesuksesan Bill Gates. Selain itu, Melinda juga sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan yang dilakukan oleh suaminya. Menjadi istri dari pemilik perusahaan raksasa di dunia, tidak menjadikan Melinda berperilaku bak ratu. Ia justru mendesak suaminya untuk mendirikan suatu yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan dan saat ini dikenal dengan Bill & Melinda Gates Foundation. Melinda kini menjabat sebagai Co-Chairperson di yayasan tersebut dan sudah berdonasi untuk kemanusiaan dengan total US$ 26 miliar sejak didirikannya yayasan tersebut pada tahun 1998.

4. Indra Nooyi


Indra Krishanmurthy Nooyi adalah wanita Amerika keturunan India. Indra Nooyi saat ini menjabat sebagai Chairwoman sekaligus CEO dari salah satu perusahaan minuman terbesar di dunia, PepsiCo. Di tengah kesibukannya memimpin sebuah perusahaan besar yang tersebar di dunia dengan puluhan ribu karyawan, Indra masih menyempatkan diri untuk mengurus langsung kedua anaknya dan keperluan suaminya. Indra Nooyi menjadi simbol kekuatan seorang wanita masa kini. Indra Nooyi mampu membuktikan meskipun ia berasal dari kaum minoritas di Amerika, ia mampu mendapatkan hak yang sama untuk mencapai sebuah kesuksesan tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita. Indra juga pernah dinobatkan menjadi salah satu wanita paling berpengaruh di dunia versi Majalah Forbes.

5. Yang Huiyan


Meskipun perjuangan Huiyan tidak seberat beberapa wanita sukses lainnya, namun Huiyan mampu membuktikan bahwa kesuksesannya murni didapatkan dengan kerja kerasnya. Keluarga Huiyan sendiri berasal dari keluarga petani yang sangat miskin. Wanita muda asal Tiongkok ini memang sudah dipersiapkan oleh ayahnya untuk meneruskan bisnis keluarga yang bergerak di bidang properti. Huiyan menuntut ilmu hingga ke Amerika untuk kemudian menggunakan ilmu tersebut dalam perusahaan ayahnya. Huiyan kemudian diberikan saham sebanyak 58% oleh sang ayah. Saham tersebut dianggap Huiyan sebagai sebuah tanggung jawab besar yang harus ia pertahankan. Huiyan berhasil mengembangkan perusahaan tersebut hingga menjadi perusahaan properti terbesar di Tiongkok yang dikenal dengan nama Country Garden Holdings Ltd. Bahkan, kesuksesan Huiyan dibuktikan dengan dinobatkannya Huiyan sebagai Wanita Terkaya di Asia dengan kekayaan mencapai US$ 7,4 miliar di usia yang baru menginjak 33 tahun.

Source: www.andriewongso.com

Leave a Comment