Jangan Cari Pujian. Carilah Kritik.

Warning: Gunakan ini untuk DIRI SENDIRI. Untuk mempercepat perkembangan diri, cari kritik untuk MELIHAT sisi mana yang PERLU DITINGKATKAN. BUKAN untuk menjatuhkan diri atau orang lain.

criticism_media_cycle

Mudah bagi kita untuk memperoleh persetujuan dari orang lain, atau membuat mereka mengatakan apa yang kita lakukan sudah bagus. Atau juga ketika kita bertanya kepada orang-orang yang kemungkinan memberikan jawaban yang memang kita inginkan, persetujuan, pujian.

Biasanya mereka akan mengatakan hal-hal yang enak didengar ketimbang sesuatu yang sifatnya kritik. Biasanya juga, kita cenderung mengubah hal-hal yang jelek sehingga kita hanya mendengar apa yang benar-benar ingin kita dengar.

Akibatnya, ketika kita membuat sebuah karya yang cukup bisa diterima, kita akan membuktikan pada diri sendiri bahwa karya kita ini bagus, hanya karena orang lain juga bilang itu bagus.

Di satu sisi, ini mungkin hal yang baik. Di sisi lainnya, mungkin juga bukan sesuatu yang cukup bagus untuk perkembangan diri kita.

Jika kita melakukan hal yang berbeda, misalnya, dengan bertanya “Apa yang masih kurang dengan karya ini? Bagaimana supaya bisa lebih baik?”, kita bisa memperoleh jawaban-jawaban yang cenderung lebih jujur dan kritis.

Ini bisa membantu kita meningkatkan kualitas ide-ide kita.

Sekali lagi, gunakan ini untuk melihat diri sendiri. Tidak ada satu pun orang di dunia ini yang suka dikritik. Kita juga pada dasarnya tidak suka kritik. Oleh karena itu, hanya untuk sisi pengembangan diri, cari kritikan buat diri. Untuk orang lain, berikan pujian.

Leave a Comment