CARA MENYENANGKAN AUDIENS – KENALI MEREKA

Designing a presentation without an audience in mind is like writing a love letter and addressing it “to whom it may concern”
– Ken Haemer, 
Presentation Research Manager, AT&T

Yoyok Indrayatno, sahabat saya, seorang trainer profesional, suatu kali membuka kelasnya dengan berkata. “Di ruangan ini ada yang baru menikah minggu lalu? (Kemudian seorang peserta mengangkat tangan). Waktu Ibu menikah suami Ibu mengenakan pakaian tentara dan Ibu memakai gaun berwarna pink, betul? (Ibu ini pun mengangguk, senang bercampur bingung “Kok bisa tau ya”)”.

Bayangkan Anda di posisi Ibu tadi. Wow, pasti Anda bertanya-tanya, darimana dia bisa tau. Dalam benak Anda, perasaan apa yang muncul terhadap Pak Yoyok, positif atau negatif? Saya yakin Anda akan lebih positif. Senang, karena hari spesial Anda disebut di depan rekan-rekan lain. Kagum, karena ada orang yang baru dikenal sudah mengetahui tentang diri Anda. Respek, karena entah bagaimana Anda merasa Pak Yoyok orang yang “hebat”.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenali audiens Anda. Kalau orangnya satu kantor, Anda bisa ajak ngobrol di jam istirahat, atau cari informasi dari rekan satu kantor yang lain. Kalau orangnya belum pernah ketemu, Anda bisa gunakan internet. Cari di google, ketik namanya dan Anda akan temukan banyak informasi dari Facebook, LinkedIn Twitter, Instagram atau media sosial lainnya milik orang tersebut.

Kenali audiens di awal jadi semakin penting apabila audiens ini orang yang cukup sulit atau berpotensi berbeda pendapat dengan Anda. Misal, Anda akan presentasi ide, dan Mr X, orang yang sulit ini akan datang. Anda bisa cari tau Mr X itu orangnya seperti apa, apa yang disuka, apa pandangannya tentang ide yang akan Anda sampaikan. Sehingga, saat presentasi Anda sudah lebih siap dengan konten yang nyambung dengan Mr X, dan presentasi Anda akan jauh lebih lancar.

Selamat mencoba. Salam dahsyatt.

Pusta Hery Kurnia
Certified NLP Trainer & Professional Coach
www.pustaherykurnia.com

Leave a Comment