Buah Kesungguhan dalam Bekerja

Beberapa waktu yang lalu, saya sedang menunggu travel ke Bandung. Saya duduk di sebuah pertigaan jalan. Tampak seorang warga – kita biasa sebut pak Ogah – sibuk mengatur laju kendaraan. Yang menarik adalah, orang ini melakukan tugasnya dengan sepenuh hati. Dengan bermodalkan kain yang diikatkan pada sebatang tongkat, ia dengan piawai menghentikan kendaraan dari satu jalur, mempersilahkan kendaraan di jalur yang lain untuk maju, demikian seterusnya. Setiap gerakan tangannya mantap, membuat pengendara tidak ragu mengikuti instruksinya. Ia memberikan senyum kepada pengendara yang lewat, tetapi kadang menunjukkan wajah serius saat meminta kendaraan bergegas lewat. Mungkin karena merasa terbantu, banyak pengendara memberikan uang sebagai ucapan terima kasih kepada orang ini.

images (1)

Saya tertegun melihat kesungguhan yang dimiliki orang ini. Bertugas sebagai penjaga pertigaan jalan, sekali lagi petugas pertigaan jalan, Ia melakukannya dengan sangat baik, professional dan penuh passion. Terbayang di benak saya. Seandainya kita semua di posisi kita masing-masing, sebagai karyawan, pemilik bisnis, manager, mahasiswa, pelajar, sales, atau di posisi yang lain, melakukan bagian kita dengan sungguh-sungguh, maka bukan saja hasilnya luar biasa, tetapi juga orang akan menghargai kita lebih. Orang lain akan dengan senang hati memberikan apresiasi kepada kita karena mereka juga merasa terbantu dengan apa yang sudah kita lakukan.

Lakukan pekerjaan kita dengan sungguh-sungguh, bukan hanya hasil, tetapi respek dari orang lain akan mewarnai kehidupan kita.

Oleh Pusta Hery Kurnia, 5 Mei 2014

Leave a Comment