Anda Akan Cepat Sekali Terampil Public Speaking dengan Cara Ini

Ada satu ungkapan mengatakan “practice makes perfect”, latihan menjadikan sempurna. Ini artinya kalau kita ingin sempurna dalam menguasai keterampilan tertentu, tau saja tidak cukup, sekedar membaca buku, mencari tau informasi, datang ke seminar, atau dengarkan tips praktis saja tidak cukup. Perlu latihan, latihan dan latihan supaya keterampilan tertentu bisa kita kuasai secara maksimal. Termasuk juga dalam public speaking, diperlukan banyak latihan dan jam terbang untuk bisa berbicara layaknya public speaker professional.

Pusta Hery Kurnia - Cara cepat Latihan Public Speaking

Berdasarkan pengalaman, setidaknya ada empat cara yang sangat mudah dan murah untuk latihan public speaking.

Pertama, bicara di depan cermin.

Ada beberapa anjuran agar kita tidak berlatih di depan cermin, karena cermin tidak bisa memberikan feedback. Yang saya temukan ternyata kalau kita latihan di depan cermin, kita bisa mengamati ekspresi wajah, posisi tubuh, dan gerakan tangan kita. Kita bisa melatih ekspresi mana yang kira-kira cocok untuk materi tertentu. Seorang rekan saya, MC & penyiar radio professional di Bandung, bercerita bahwa berbicara di depan cermin adalah latihan wajib. Karena selain dia bisa melatih dan memperkuat ekspresi, gerakan mana yang ingin dia tampilkan, rekan saya ini juga bisa melihat gerakan atau ekspresi mana yang kurang pas dan berusaha untuk menghilangkannya. Sehingga saat dia tampil di depan orang banyak, dia sudah terbiasa menampilkan ekspresi dan gerakan yang tepat.

Kedua, bicara selagi berkendara.

Pernah suatu ketika jalanan di kota Bandung sedemikian macet. Daripada saya stress memikirkan lamanya perjalanan karena macet,s aya ubah fokus dan mulai berbicara. Saya tentukan satu topik, saya memikirkan poin-poin pembicaraan, dan segera mulai mengucapkan kalimat pertama. Awalnya ini terasa aneh dan tidak biasa, saya kesusahan bagi fokus antara memikirkan harus bicara apa dan mengendarai kendaraan saya. Tetapi lama kelamaan, ini menjadi satu aktivitas yang menyenangkan. Tentunya Anda juga harus tetap  fokus ke jalan untuk memastikan perjalanan Anda aman.

Ketiga, bicara saat mandi.

Beberapa di antara Anda mulai berpikir, serius? Ga berlebihan? Masa di kamar mandi juga latihan? Saya jawab: serius. Kalau bicara public speaking, sekali lagi satu-satunya cara untuk bisa terampil adalah latihan. Semakin banyak Anda berlatih, semakin terasah keterampilan Anda, semakin mudah Anda berbicara. Sambil mandi, secara cepat tentukan satu topik, atau pikirkan pengalaman paling menarik yang terjadi di hari sebelumnya, kemudian ceritakan itu. Kalau satu hari kita biasa mandi pagi dan sore, dan kita gunakan untuk dua kali latihan, artinya satu minggu kita sudah berlatih selama empat belas kali! Wow! Aktivitas sederhana, gratis, mudah, tetapi bisa membuat Anda lancar menguasai public speaking.

Keempat, berbicara kepada siapapun yang mau mendengar.

Anthony Robbins, seorang pembicara yang sangat terkenal dari Amerika. Ia dibayar sekitar 10 milyar untuk bicara selama tiga jam. Salah satu tipsnya untuk bisa sampai ke level seperti itu adalah berbicara kepada siapapun yang mau mendengar. Robbins mengatakan “repetition is the mother of all skills”. Kalau mau cepat kuasai satu keterampilan, latihlah terus berulang-ulang. Dari SMA Robbins berbicara minimal tiga kali sehari kepada siapapun yang mau mendengar: teman sekolah, orang tua, adik, siapapun. Tiga kali sehari, berarti selama satu tahun minimal ia sudah latihan 1000 kali. Luar biasa! Tidak heran jika akhirnya ia benar-benar menjadi master di public speaking. Kita pun bisa melakukan hal yang sama. Sebelum presentasi di kelas, sampaikan isi presentasi ke teman-teman yang lain. Sebelum presentasi penjualan, sampaikan di depan rekan-rekan satu kantor. Semakin banyak Anda berlatih, semakin lancar dan sempurna kualitas presentasi Anda.

Robin Sharma mengatakan “Tidak ada misteri tentang cara menguasai segala sesuatu. Kuncinya adalah konsistensi untuk terus dan terus berlatih”. Ambil komitmen untuk minimal satu minggu melakukan empat cara ini untuk mengasah keterampilan public speaking Anda. Saya sepenuhnya yakin, Anda melejitkan keterampilan Anda berbicara.

Oleh: Pusta Hery Kurnia, Dale Carnegie Training

1 thought on “Anda Akan Cepat Sekali Terampil Public Speaking dengan Cara Ini”

Leave a Comment