4 Cara Membuat Anda jadi Orang yang Kreatif

4 Cara Membuat Anda jadi Orang yang Kreatif

Teknik sederhana, mudah dan gratis untuk mengubah ide-ide yang biasa menjadi terobosan luar biasa!

Menurut Anda, mungkin kah orang yang membosankan berubah menjadi sangat kreatif?

Saya telah bertemu banyak orang yang mengatakan bahwa untuk menjadi kreatif, Anda harus “berpikir di luar kotak” atau “biarkan kreatifitas Anda bekerja.” Pertanyaannya adalah, berpikir di luar kotak itu seperti apa? Bagaimana caranya? Bagaimana juga cara membuat kreatifitas kita yang bekerja? Bagi orang yang memang kreatif, berpikir di luar kotak itu memungkinkan. Tetapi untuk beberapa orang lainnya, ini adalah sesuatu yang tidak biasa.

Dale Carnegie Training

Ada empat cara yang sederhana, praktis, dan gratis untuk mengembangkan ide-ide mencengangkan.

1 . Anggap proses menemukan ide kreatif ini seperti ketika punya satu masalah, harus mencari solusinya, tetapi sumber daya sangat terbatas – tidak punya uang, tidak ada koneksi atau kenalan dan hanya punya waktu 24 jam untuk menyelesaikannya. Kita terlalu sering mengandalkan berbagai fasilitas/sumber daya siap pakai ketimbang memanfaatkan kreativitas kita. Misalnya saat menggunakan template PowerPoint untuk presentasi. Kita terbiasa langsung menggunakan template yang ada. Sumber daya dan fasilitas ini menjadi semacam belenggu yang membuat kita “tergantung”, bukannya kreatif. Singkirkan fasilitas atau bantuan ini dan Anda akan terkejut seberapa kreatif Anda nantinya.

2 . Bayangkan Anda mencoba melakukan sesuatu tanpa salah satu dari panca indera Anda. Misalnya saat berkomunikasi, memecahkan masalah atau melukis tanpa indra penglihatan. Ini akan membantu Anda menemukan peluang atau kemungkinan baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Untuk benar-benar memperluas kreativitas Anda, cobalah melewati satu hari tanpa salah satu indra Anda. Contohnya dengan memakai headphone (supaya tidak bisa mendengar) atau penutup mata selama 24 jam. Saya menemukan bahwa ketika kita tidak menggunakan salah satu dari indera kita, kreativitas kita akan berkembang cepat.

3. Cobalah untuk melihat situasi Anda dari perspektif orang lain; Dari perspektif orang muda( contoh: anak usia 10 tahun), dan dari seseorang yang berpengalaman (contoh: orang usia 80 tahun ). Kira-kira apa pendapat mereka tentang situasi Anda dari sisi batas, prioritas dan kemungkinan? Apa yang akan mereka katakan, pertimbangkan atau lakukan? Dari pengalaman saya, anak berusia 10 tahun akan bertanya, “Mengapa?” Sedangkan orang berusia 80 tahun akan bertanya, “Mengapa tidak?”

4 . Mintalah pendapat dari orang asing. Serius. Saya suka melakukan hal ini, terutama ketika saya sedang menunggu dalam antrean di tempat makan atau bandara . Saya suka mengatakan kepada orang di belakang saya, “Permisi. Maaf mengganggu Anda. Saya sedang memerlukan pandangan dari orang banyak. Apa pendapat Anda tentang ___________?” Sembilan puluh persen Anda akan mendapatkan jawaban yang mengagumkan dari perspektif yang sebelumnya tidak Anda lihat; 10 persen lainnya akan menganggap Anda gila, ini kadang-kadang menyenangkan juga.

Lakukan tips yang sangat sederhana dan praktis ini, pasang mind set tidak ada sumberdaya, coba satu hari tanpa salah satu indera, coba lihat dari perspektif orang lain, dan minta pendapat dari orang asing, maka Anda akan menjadi orang yang jauh lebih kreatif.

Leave a Comment